Kegiatan IbM Kelompok Nelayan Kelurahan Tanete, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

     Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat Pada tanggal 19-20 Agustus 2017 di Kabupaten Barru tepatnya di Kelurahan Tanete, Kecamatan Tanete Rilau. Dalam kegiatan ini Staf Pengajar Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Universitas Hasanuddin yaitu Dr. Mukti Zainuddin, S.Pi, M.Sc. dan Ir. Mahfid Palo, M.Si. Memperkenalkan teknologi yang dapat membantu nelayan untuk mempermudah dalam melakukan penangkapan ikan

Screenshot_4     Terlihat pada gambar diatas yaitu pengenalan GPS dan Fish Finder yang berguna untuk mempermudah pencarian daerah penangkapan ikan.

Screenshot_5     Produk dari teknologi bisa diliat pada gambar diatas yaitu Peta Zona Potensial Penangkapan Ikan (ZPPI) yang pada kesempatan ini khusus di buat untuk memprediksi Zona Penangkapan untuk pelagis kecil selama setahun di Perairan Barru. Distribusi dan kelimpahan ikan tersebut dapat ditemukan secara jelas mulai bulan April sampai dengan bulan Juni dan kembali berkurang pada bulan Juli-Agustus.  Pada periode April-Juni, ZPPI mendekati perairan pantai Barru.  Pada bulan Oktober, ZPPI kembali menguat pada phase kedua dan kondisi ini mencapai puncak pada bulan November.

     Kegiatan pada tanggal 19-20 Agustus 2017 ini sangat di respon baik oleh nelayan, menurut mereka dengan adanya teknologi dan prekdisi daerah penangkapan ikan akan sangat membantu nelayan untuk menghemat banyak hal seperti waktu dan biaya dalam penangkapan ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *