Pemetaan Daerah Potensial Penangkapan Ikan Pelagis Kecil Di Perairan Teluk Bone Berbasis Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (Skim BMIS Unhas)

Pemetaan Daerah Potensial Penangkapan Ikan Pelagis Kecil Di Perairan Teluk Bone Berbasis  Penginderaan Jauh Dan Sistem Informasi Geografis (Skim BMIS Unhas) oleh Safruddin, S.Pi, M.P, Ph.D dan Mukti Zainuddin, S.Pi, M.Sc, Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menentukan hubungan antara dimanika kondisi oseanografi khususnya sebaran suhu permukaan laut, sebaran klorofil-a, dan kedalaman perairan di wilayah Teluk Bone terhadap fluktuasi hasil tangkapan ikan pelagis kecil; (2) membuat peta tematik tentang daerah penangkapan ikan pelagis kecil  di perairan Teluk Bone dan (3) memprediksi daerah penangkapan potensial ikan (DPPI) pelagis kecil.

Survey lapangan dilakukan di tempat pendaratan ikan (TPI) Ponrang Kabupaten Luwu. Survey ini dilakukan untuk melihat secara langsung komposisi jenis hasil tangkapan ikan pelagis kecil pada ke TPI tersebut, selain itu juga dilakukan kegiatan wawancara dengan nelayan setempat. Pengumpulan data in-situ pada bulan April s.d Agustus 2017 (data posisi penangkapan, jumlah dan komposisi jenis ikan pelagis kecil) dilaksanakan dengan mengikuti operasi penangkapan ikan dengan menggunakan bagan tancap (stationery liftnet) dan bagan rambo (large liftnet). Penelitian ini melibatkan dua orang mahasiswa program studi PSP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *