Kegiatan penelitian Estimasi Potensi dan Pola Migrasi Ikan Pelagis Besar di Perairan Teluk Bone Berbasis Remote Sensing (Skim PUPT RistekDikti)

Kegiatan penelitian Estimasi Potensi dan Pola Migrasi Ikan Pelagis Besar di Perairan Teluk Bone Berbasis Remote Sensing (Skim PUPT RistekDikti) dilaksanakan Oleh Safruddin, S.Pi, MP, Ph.D, Mukti Zainuddin, S.Pi, M.Sc, Ph.D dan Moh. Tauhid Umar, S.Pi, MP.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengestimasi potensi sumberdaya ikan pelagis besar di wilayah perairan Teluk Bone, (2) menentukan hubungan antara dimanika kondisi oseanografi khususnya sebaran suhu permukaan laut, sebaran klorofil-a, dan kedalaman perairan di wilayah Teluk Bone terhadap fluktuasi hasil tangkapan ikan pelagis besar; (3) membuat peta tematik tentang daerah penangkapan ikan (DPI) pelagis besar di perairan Teluk Bone; (4) memprediksi daerah penangkapan potensial ikan pelagis besar berdasarkan pola hubungan antara hasil tangkapan ikan dan kondisi lingkungan perairan yang ditemukan selama penelitian dan (5) menemukan pola migrasi ikan pelagis besar diperairan Teluk Bone dalam bentuk print out dan softfile untuk stakeholders.

Pada tahun pertama, penelitian ini akan menyediakan informasi sesuai tujuan (1), (2) dan (3). Tahun kedua, difokuskan pada pemetaan daerah potensial penangkapan ikan pelagis besar (4) dengan mengumpulkan data lapangan (in-situ) dan sebagai lanjutan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pada Tahun ke tiga, penelitian ini diharapkan sudah menemukan pola migrasi tahuan atau pergerakan ikan pelagis besar di perairan Teluk Bone sehingga stakeholders bisa mengatur kalender penangkapan dan memilih dengan alat penangkapan ikan yang sesuai dengan target tangkapan. Penelitian ini melibatkan tiga (3) mahasiswa Program Studi Pemanfaataan Sumberdaya dengan spesifik masing-masing penelitian tentang distribusi ikan cakalang, ikan tuna dan ikan tongkol hubungannya dengan dinamika kondisi oseanografi secara spatial dan temporal di perairan Teluk Bone.

Dalam penelitian ini (tahun 1) dilakukan analisis potensi sumberdaya perikanan pelagis besar (ikan tuna, cakalang, dan tongkol) di perairan Teluk Bone Provinsi Sulawesi Selatan berdasarkan data statistik perikanan tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan 10 tahun terakhir (2007 – 2016) dan pembuatan peta citra satelit parameter suhu permukaan laut (SPL) dan klorofil-a yang dioverlay dengan posisi penangkapan ikan pelagis besar (tuna, cakalang dan tongkol) pada April – September 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *