PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN MENUJU KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

klt

Sebagai implementasi dari Program Merdeka Belajar-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penyelengara pendidikan tinggi Ilmu Kelautan (IK), Ilmu Teknologi Kelautan (ITK) dan Oseanografi (OSEA) di Indonesia, saat ini menginisasi program kurikulum merdeka belajar. Program ini akan melibatkan mahasiswa Program Studi (PS) IK, ITK dan OSEA yang ingin “merdeka” untuk mengambil mata kuliah lintas perguruan tinggi.

Rapat ketua Program studi se Indonesia telah dilaksanakan pada hari jumat 8 Mei 2020, yang salah satu rekomendasinya adalah setiap PS menawarkan matakuliah pilihan pada semester 6 yang bisa di programkan oleh seluruh mahasiswa PS IK, ITK dan OSEA di Indonesia. Sebagai tindak lanjut dari rekomendasi ini Staf Pengajar PS IK Unhas melaksanakan rapat dengan cara daring pada hari ini 18 Mei 2020.

Beberapa keputusan yang diambil dalam rapat tersebut adalah antara lain; PS IK Unhas akan berpartisipasi dalam kurikulum merdeka belajar , memformulasi ulang penyajian persemester mata kuliah pilihan yang akan ditawarkan pada kurikulum merdeka belajar dan menyiapkan mekanisme dan pesyaratan matakuliah yang akan ditawarkan pada kurikulum merdeka tersebut.

DEPARTEMEN ILMU KELAUTAN- PEDULI COVID-19 MASYARAKAT PESISIR KOTA MAKASSAR

klt

Penyebaran wabah Covid-19 yang kian mengkhawatirkan di Kota Makassar telah menggugah dosen di Departemen Ilmu Kelautan (Depik) Universitas Hasanuddin (Unhas).

Melalui grup media sosial, dosen di Dosen Ilmu Kelautan Unhas kemudian menggalang dana yang rampung dalam waktu 2 hari saja. Lokasi sasaran kemudian didiskusikan. Akhirnya terpilihlah Lantebung di Kelurahan Bira sebagai lokasi sasaran.

Alasannya, lokasi pesisir yang dominan masyarakatnya sebagai nelayan ini ditengarai telah kehilangan pasar. Ekosistem mangrove yang dijadikan sebagai destinasi Ekowisata Mangrove ini juga telah ditutup selama 2 pekan. Praktis nelayan di Lantebung ini mengalami penurunan pendapatan drastis.

Ketua Panitia Pengabdian, Ir. Marzuki Ukkas, DEA dalam sambutannya menyampaikan kalau apa yang diberikan ini nilainya tidak seberapa.

Tetapi paling tidak sebagai bukti perhatian kami kepada masyarakat pesisir yang mungkin terganggu perekonomiannya akibat munculnya wabah Covid 19 ini,” ujar Marzuki saat penyerahan sekitar 65 paket untuk 65 KK di Lantebung, Sabtu (18/4/2020).

Setiap paket terdiri atas 5 kg beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, mie instan, sirop, susu, teh, masker, dan leaflet berisi informasi agar terhindar dari wabah Covid-19Lurah Bira Muh. Kasim, S.Sos merasa berterima kasih atas perhatian yang diberikan dari Departemen Ilmu Kelautan Unhas


Selama munculnya wabah ini, nelayan kami tetap pergi mencari kepiting. Tapi masalahnya, hasil tangkapan mereka tidak bisa dipasarkan,” ujarnya.
“karena perusahaan-perusahaan pengumpul kepiting telah tutup karena tidak diperbolehkan mengekspor lagi.

“Jadinya, nelayan kami menjualnya ke pasar-pasar tradisional yang harganya tidak seberapa,” jelas Kasim.

Wisata Alam Ditutup

Ketua RW 6 Lantebung Muhajirin menambahkan, bukan hanya nelayan yang pendapatannya menurun sejak pandemi virus corona.

warga yang terlibat di usaha Ekowisata Mangrove Lantebung juga kehilangan pendapatan dengan ditutupnya tujuan wisata alam ini.

Tukang parkir saja yang biasanya dapat 100-an ribu per hari sekarang tidak bisa dapat apa-apa lagi,” ungkap Muhajirin.

Penyerahan sembako ini dilakukan secara simbolis Wakil Dekan III FIKP Dr.Ir.Farid Samawi, M.Si dan Sekertaris Departemen Ilmu Kelautan Dr. Wasir Samad, M.Si

Turut hadir dalam penyerahan bantuan adalah Bintara Pembina Desa atau Babinsa setempat.

Demi menjaga protokoler kesehatan Acara ini tidak dihadiri banyak dosen dan masyarakat, pun yang hadir tetap jaga jarak dan masker tetap melekat di mulut.

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Dosen Ilmu Kelautan Unhas Serahkan Sembako ke Warga Pesisir Terdampak Covid-19 di Lantebung Makassar, https://makassar.tribunnews.com/2020/04/19/dosen-ilmu-kelautan-unhas-serahkan-sembako-ke-warga-pesisir-terdampak-covid-19-di-lantebung-makassar?page=2.
Penulis: Alfian; Editor: Arif Fuddin Usman

Workshop Kelayakan Pendirian Program Studi S2 dan Kurikulum

workshop s2 kelautan

FIKP, 17 November 2018 – Workshop Kelayakan Pendirian Program Studi S2 dan Kurikulum yang diselenggarakan oleh PPKPS Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin yang dihadiri oleh Instansi Pemerintah seperti : Dinas Kelautan dan Perikanan Provisi Sulawesi Selatan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Makassar, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maros, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Barru, BRPPAP3 Maros, Balai Besar Karentina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kota Makassar, BPSPL Kota Makassar, BMKG Kota Makassar, BKKPN Kupang Satker TWP Kapoposang dan Suasta seperti : PT. Mars Sinbiosains dan ISKINDO serta Departeman Perikanan dan Program Studi SOSEK, MSP, PSP, BDP FIKP Universitas Hasanuddin yang diharapkan dapat memberikan masukan dalam proses pendirina Program Studi. Melalui Worksahop ini, diharapkan Program Studi S2 dan Kurikulumnya dapat menghasilkan lulusan yang sesui dengan kebutuhan pemerintah maupun industri.

Bantuan Kemanusiaan FIKP untuk Korban Gempa Lombok 2018

Screen Shot 2018-08-15 at 1.54.01 PM

Pulau Lombok, 12 Agustus 2018.   Gempa di Pulau Lombok  yang terjadi sejak akhir Juli hingga awal  Agustus berkekuatan  4,5 SR, 6,2 SR dan 7,0 SR  disertai  puluhan gempa susulan  menyisakan korban  bagi  penduduk Lombok.   Korban meninggal  lebih dari 400 jiwa dan korban luka ringan hingga luka berat  mencapai  ribuan jiwa.    Dr. Syafyudin  Yusuf, ST. MSi  salah satu  dosen  FIKP  kelahiran Nusa  Tenggara  Barat mengambil bagian membantu korban gempa  Lombok.   Berbekal  dana  donasi  sebanyak  Rp  33.527.457  dari 54 donatur  baik dari  WR3, rekan sejawat FIKP maupun sahabat profesi dan mahasiswa  asal Bima yang  sempat menerima  sumbangan  terbuka.

Selama  lima  hari tanggal  8 – 12 Agustus 2018 di Pulau Lombok,  Syafyudin Yusuf  utusan FIKP Unhas bekerjasama    dengan Alumni SMA 1 Bima  untuk mendistribusikan  bantuan korban.   Bantuan difokuskan ke desa  Dopang, Desa Buwuh, Desa  Mambalan, dan Desa  Kecamatan Gunung Sari  Lombok Barat.   Sembilan puluh lima persen rumah hancur rata dengan tanah sementara korban  masih tidur dalam tenda-tenda darurat.  Setiap mobil yang lewat, mereka  mengharapkan bantuan  makanan, selimut, terpal dan tenda.    Kedatangan kami sedikit memberi  harapan mereka untuk tetap hidup, semoga masih ada memberi bantuan berikutnya.

PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI PRODI ILMU KELAUTAN

Screen Shot 2018-07-30 at 5.10.17 PM

Amanat Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Tinggi Nasional dan Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan menuntut bahwa setiap program studi harus memenuhi standart yang dalam hal ini diterjemahkan dalam Bahasa “mendapat akreditasi”

Berdasarkan atas Surat Badan Akreditasi Nasional No 447/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014, Bahwa Program Studi Ilmu Kelautan terakreditasi A dengan masa akreditas 2014-2019. Dalam rangka mempertahankan status akreditadi PS Ilmu Keluatan melalui SK Dekan No. 4059/UN.4.15/KP.05.00/2018 tanggal 9 Mei, 2018, telah dibentuk pantia penyusunan Borang Akreditasi dan Evaluasi Diri.

Sejak dibentuknya panitia Borang Akreditasi dan Evaluasi diri, maka sejak itu panitia bahu-bahu menyusun kedua dokumen tersebut. Menurut Bapak Dr. Wasir Samad sebagai
ketua panitia bahwa; panitia telah bekerja dan memiliki skedul dan semoga skedul tersebut dapat diselesaikan tepat waktu. Saat ini proses penyusunan telah rampung sampai 90% dan direncanakan awal bulang Agustus akan diadakan Simulasi Review Borang Internal yang akan di visitasi oleh ibu Prof. Dr. Andi Niartiningsih dan Bapak Prof, Dr. Sudirman. Selanjutnya akhir pertengahan Agustus akan dilajutkan visitasi oleh LKPP-UNHAS. Sesuai skedul semoga Dokumen Borang dan Evaluasi Diri dapat disetor ke BAN PT akhir September 2018.

Praktik Lapangan Departemen Ilmu Kelautan

Untitled-1

Pulau Barrang Lompo (7 April 2018) – 42 mahasiswa pada mata kuliah Koralogi kelas B yang di damping oleh bapak Syafyudin Yusuf melakukan praktik lapangan. Dimulai  pada jam 11.30 WITA yang berlokasi di sebelah barat paparan terumbu karang Puau Barrang Lompo.  Mahasiswa mengamati kondisi dan biodiversitas terumbu karang, mengoleksi speciemen karang keras (Scleractinia).

Peserta praktikum koralogi dibagi dalam  5 kelompok masing-masing 8-9 peserta. Semua praktikan terlibat aktif  dalam melakukan pengamatan terumbu karang yang dibimbing oleh asisten dan dosen.  Khusus pengamatan kondisi terumbu karang menggunakan metode  RRA (Reef Rapid Assessment) sebanyak 5 kali ulangan.  Pengamatan biodiversitas terumbu karang antara lain : tumbuhan dan hewan bentos yang diberi skala 1-5 (1.sedikit-2.jarang-3.sedang-4.banyak-5.melimpah).  Pengamatan terumbu karang juga terkait dengan penyebab kerusakan terumbu karang seperti bekas pemboman, pembiusan, bleaching, penyakit dan lain-lain. Mahasiswa diwajibkan membuat profil terumbu karang secara vertical.

Sampel karang yang dikoleksi diputihkan untuk memudahkan identifikasi dalam laboratorium Ekologi Departemen Ilmu Kelautan Unhas.  Disamping itu, mahasiswa akan membuat laporan akhir pengamatan ekosistem terumbu karang Pulau Barrang Lompo.

Dari hasil kegiatan tersebut disimpulkan ekosistem terumbu karang Pulau Barrang Lompo saat ini dalam kondisi bagus, tutupan karang hidup mencapai 70 persen daerah reef flat atau rataan terumbu dan 30 persen di daerah reef slope atau lereng terumbu.  Lokasi ini menjadi laboratorium alam bagi mahasiswa.

Workshop Jurnal SPERMONDE

spermonde workshop OJS lower

Workshop Online Journal Systems (OJS) dilaksanakan untuk mengenalkan Sistem Online Jurnal Ilmu Kelautan SPERMONDE, Program Studi Ilmu Kelautan Unhas. Saat ini Jurnal Ilmu Kelautan SPERMONDE sudah terindex DOAJ (Directory of Open Access Journals). Sistem DOAJ mensyaratkan agar manajemen jurnal seperti penginputan manuskrip dan lainnya dilakukan secara online. Pelatihan ini melatih peserta untuk menggunakan template Jurnal Ilmu Kelautan SPERMONDE dan mengikuti prosedur upload manuskrip kedalam Sistem Online Jurnal. Dari workshop ini diharapkan dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas ini secara maksimal. Workshop diikuti sejumlah dosen Departemen Ilmu Kelautan, mahasiswa S1, S2 dan S3 dilingkungan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas. Chief Editor JIKS DR. Amir Hamzah Muhiddin.

PENYUSUNAN KURIKULUM 2018-2022

Panitia penyusunan kurikulum DEP. IK-UH hari ini mulai bekerja mengevaluasi kesesuaian kurikulum 2014-2018 yang dijalankan sekarang dengan standar KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). KKNI saat ini merupakan acuan penjenjangan kualifikasi kompetensi yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012. Setelah evaluasi selesai dilakukan, panitia kurikulum selanjutnya melakukan tahapan kerja berikut:
1) Perancangan kurikulum : perumusan capaian pembelajaran, pembentukan mata kuliah, dan penyusunan mata kuliah dalam struktur kurikulum
2) Perancangan pembelajaran : perumusan capaian pembelajaran setiap mata kuliah, rencana pembelajaran semester (RPS), proses pembelajaran dan penilaian pembelajaran
3) Evaluasi program
Tim panitia penyusunan kurikulum DEP. IK-UH 2018-2022 ini diketuai oleh Prof.Dr. Ir. Abd. Harris, M.Si.

Bakal Calon KADEP Ilmu Kelautan UH 2018-2022

sejarah_IKL_003

Panitia PILKADEP-IK-UH,
Setelah mempelajari kriteria dan persyaratan untuk menjadi Ketua Departemen, mengidentifikasi bahwa dari 39 Dosen Aktif DEP. IK sekarang ada 19 orang memenuhi syarat sebagai Bakal Calon KADEP, terdiri atas 10 orang Guru Besar dan 9 orang Lektor Kepala, sebagaimana daftar di bawah ini.

Daftar Nama Bakal Calon KADEPIKUH 2018-2022.

Guru Besar:
– Budimawan, DEA., Prof. Dr. Ir.
– Ambo Tuwo, DEA., Prof. Dr. Ir.
– Andi Niartiningsih, MP., Prof. Dr. Ir.
– Akbar Tahir, MSc., Prof. Dr. Ir.
– Jamaluddin Jompa, MSc., Prof. Dr. Ir.
– Abdul Haris, MSi., Prof. Dr. Ir.
– Chair Rani, MSi., Prof. Dr. Ir.
– Rohani A.R., MSi., Prof. Dr. Ir.
– Amran Saru, ST., MSi., Prof. Dr.
– Andi Iqbal Burhanuddin, ST., MFS., PhD., Prof

Lektor Kepala:
– Abdul Rasyid Jalil, MSi., Dr. Ir.
– Syafiuddin, MSi., Dr. Ir.
– Muh. Farid Samawi, MSi., Dr. Ir.
– Muh. Anshar Amran, MSi., Dr. Ir.
– Rahmadi Tambaru, MSi., Dr. Ir.
– Mahatma Lanuru, ST., MSc., PhD.
– Supriadi, ST., MSi., Dr.
– Nurjannah Nurdin, ST., MSi, Dr.
– Ahmad Faizal, ST., MSi., Dr.

Bersama ini, Panitia PILKADEP mengundang dengan hormat para Bakal Calon yg terdaftar namanya di atas untuk mengajukan diri sebagai Calon KADEP dengan cara mengisi Formulir Kesediaan Calon yang akan tersedia di Kantor DEP. IK mulai besok, Selasa 9 Jan 2018 pada jam kerja, atau diantarkan ke Ybs via pengantar surat Fakultas.

Panitia akan menerima Formulir Kesediaan Calon hingga batas waktu hari Jumat, 12 Jan 2017, pukul 16.00 WITA.

Calon KADEP yg telah menyatakan kesediaan mencalonkan diri selanjutnya diminta untuk menyiapkan bahan pemaparan menyangkut Pokok-pokok Pikiran Pengembangan DEPIKUH ke Depan, yang akan dipresentasikan dalam Rapat DEP. IK hari Selasa, 16 Januari 2017.

Pemilihan KADEP dijadwalkan pada hari Selasa, 16 Jan 2017, setelah pemaparan dari para Calon.

Terima Kasih.
a/n. Panitia PILKADEP-IK-UH

1 2