Aris Baso Dikukuhkan Menjadi Guru Besar FKIP Unhas

airsbasoGuru Besar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Univeritas Hasanuddin, Prof Dr Aris Baso MSi, dikukuhkan menjadi Guru Besar Bidang Sosial Ekonomi Perikanan, FIKP Unhas, pada Pengukuhan Guru Besar Unhas, di Ruang Senat Unhas, Gedung Rektorat Unhas, Tamalanrea, Makassar, Rabu (15/5/13).

Pada pidato guru besarnya, Aris Baso mengangkat judul Redesain Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Mengakselerasi Kesejahteraan Nelayan. Komunitas nelayan dikategorikan sebagai masyarakat miskin dengan indikasi tingkat perekenomian yang masih lemah, termasuk indikator pendapatan yang rendah, kualitas hidup yang memprihatinkan, kesejahteraan sosial, serta pola mencari nafkah yang masih kesulitan.“Keberlangsungan kemiskinan nelayan tersebu tidak bisa dibiarkan terus berlanjut,” ujar Aris Baso. Ia mengatakan, jika ada yang perlu disalahkan, maka pihak yang berperan besar dari terciptanya kemiskinan struktural ini adalah pemerintah. Hal itu karena pemerintah sebagai pihak yang memiiliki kekuasaan dan kebijakan cenderung membiarkan masyarakat dalam kondisi miskin dan tidak mengeluarkan kebijakan yang pro masyarakat miskin dengan dimensi. Kemiskinan secara substansial.

Selain itu, program yang dilakukan pemerintah diintrodusir dan kecendrungannya hanya berorientasi pada kepentingan proyek bukan pada kepentingan pembangunan kesejahteraan masyarakat merata dan berkeadilan.

Pin on PinterestDigg thisShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on RedditEmail this to someonePrint this page

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*