Atrasina Adlina mendapat kesempatan belajar di East West Center

Salah seorang mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) lolos pada program Study of The United States Institutes (SUSI). Dia adalah Atrasina Adlina, mahasiswa program studi Ilmu Kelautan Unhas. Ia berhasil mendapatkan kesempatan untuk belajar di East West Center, Hawaii selama lima minggu.

Tahun ini Department of State USA kembali memfasilitasi mahasiswa dari berbagai negara untuk ikut serta dalam program Study of The United States Institutes (SUSI) yang menawarkan beasiswa berbagai bidang dan kejuruan. Adlina berhasil mendapatkan beasiswa tersebut untuk bidang Global Environmental Issues.Adlina mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa ini butuh perjuangan yang cukup keras karena ribuan mahasiswa berbagai daerah mendaftar untuk mengikuti program ini, namun hanya terpilih enam orang untuk mewakili Indonesia sebagai partisipan di program Global Environmental Issues. “Ini diperlukan kesungguhan untuk mendapatkannya,” ujarnya di Sekretariat PK identitas Unhas, Tamalanrea, Makassar, Senin (15/4). Unhas berhasil meloloskan 2 mahasiswanya pada program ini, selain Adlina juga ada Imam Hidayat, mahasiswa Fakultas Pertanian. Keduanya juga aktif di Koran Kampus PK identitas Unhas.

Kepekaan Adlina terhadap isu lingkungan mulai terbersit ketika ia menapak dunia mahasiswa. Adlina aktif dalam kegiatan lingkungan dan berfokus pada isu lingkungan di laut. Tak ayal jika ia sering berkontribusi dalam penanaman mangrove atau penanaman terumbu karang buatan.

Selain itu, ia menunjukkan kepeduliannya kepada lingkungan dengan cara naik sepeda setiap hari dari rumah ke kampus. Karena itulah anak pertama dari pasangan Nasrul Irianto dan Rabea Pangerti Jekti ini diangkat sebagai duta sepeda Green Health Safer (GHS) Unhas di tahun 2011.

Tak hanya itu, ia pun mengasah kemampuan menulis dan berinteraksi dengan orang lain di Penerbitan Kampus Identitas Unhas. Selain aktif di Identitas, ia tercatat sebagai anggota Marine Science Diving Club (MSDC), Senat Ilmu dan Teknologi Kelautan, Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himitekindo) dan Forum Penyelam Mahasiswa Indonesia (FoPMI).

Menurutnya, organisasi dan akademik dapat berjalan beriringan, walaupun kuliah tetap menjadi prioritas utama. Katanya, organisasi mengajarkan  hal baru yang tak ditemukan dalam kelas. Sejauh ini ia tetap memperlihatkan prestasi yang membanggakan dengan meraih IPK di atas 3.

Membuat rencana yang matang untuk hidup, membuatnya menorehkan prestasi. Kertas yang dulunya sering diolok-olok oleh temannya, membuatnya semakin ingat dengan impian yang ingin dicapainya. 100 mimpi jangka pendek dan jangka panjang tertulis rapi di selembar kertas membantunya untuk mencapai kesuksesannya. Berhasil menjadi juara satu Lomba Karya Tulis Kemaritiman tingkat Unhas 2011, juara dua Lomba Karya Tulis Kemaritiman tingkat Nasional 2012, juara tiga Lomba Blog Mizan 2012, merupakan secuil prestasi yang ia masukkan dalam seratus daftar mimpi yang harus ia capai.

Dengan menuliskan harapan pada secarik kertas, membuat Adlina selalu berani bercita-cita yang lebih tinggi. Terutama saat berkenalan dengan Program Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan (MHMMD). Program ini banyak membantunya untuk mengelola hidup. Selain menuliskan 100 daftar prestasi  jangka pendek, ia juga bermimpi untuk mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri dan menjadi Menteri Kelautan sebagai target  jangka panjangnya. Semoga  tercapai! (ana)

Data diri:
Nama: Atrasina Adlina
Lahir: Jakarta, 12 Januari 1991
Alamat: Perum Nusa Tamalanrea Indah Blok OC No 2, Tamalanrea
Pendidikan: Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
Prestasi:
– Juara 1 Lomba Karya Tulis Kemaritiman Bidang Sosial Ekonomi tingkat Unhas 2011
– Juara 3 Lomba Karya Tulis Kemaritiman Bidang Teknologi tingkat Unhas 2012
– Juara 2 Lomba Karya Tulis Kemaritiman Bidang Teknologi tingkat Nasional 2012
– Juara 3 Lomba Blog Mizan “Ambilkan Bulan” 2012
– Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pulau Sebatik, Kalimantan Timur 2012
– Delegasi Indonesia di Study of the U.S. Institutes (SUSI)  for Student Leaders  on Global Environmental Issues 2013

Pin on PinterestDigg thisShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on RedditEmail this to someonePrint this page

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*