Pembangunan kelautan dan kemaritiman Indonesia pada Focus Group Discussion (FGD)

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas)  membahas mengenai pembangunan kelautan dan kemaritiman Indonesia dalam sebuah Focus Group Discussion (FGD)  bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin, Selasa (29/10/2013).

Sebelumnya Bappenas juga mengadakan FGD dibeberapa Perguruan Tinggi seperti di Unpad, UNS, ITB, Unair, dan Unibraw. Dimana Unhas menjadi tuan rumah keenam dan merupakan yang terakhir digelar Bappenas.?

FGD tersebut diikuti berbagai stakeholder baik dari akademisi, praktisi serta birokrasi. Selain itu, FGD tersebut turut menghadirkan pembicara Prof Dr Hasyim Djalala, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Prof Dr Ir Rokhmin Dahuri Kelautan IPB, serta Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa.
Menurut Rokhmin Dahuri, jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang maju dan sejahtera, maka pembangunan kelautan dan kemaritiman harus menjadi fokus pembangunan ekonomi jangka panjang Indonesia. “Pembangunan kelautan dan kemaritiman sendiri harus dilihat dari segala sektor yang ada baik ekonomi, sosial, politik, pariwisata, dan lain-lain. Hal ini tentu saja bisa tercapai melalui perencanaan yang komprehensif dan terintegrasi antara seluruh komponen stakeholder yang ada dan didukung oleh instrumen kebijakan yang berlaku,” ujarnya.

Hasil yang dicapai dari keenam Perguruan tinggi tersebut nantinya akan disusun dan dijadikan sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Bappenas untuk tahun 2014-2019.

“Nantinya RPJMN ini akan kami tawarkan kepada Presiden yang terpilih sebagai program kerja hingga tahun 2019,” ujar Anggota Bappenas Darmawijaya. (*)

Pin on PinterestDigg thisShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrShare on RedditEmail this to someonePrint this page

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*