Kuliah Umum Tentang Sertifikasi Profesi

Makassar 01 februari 2016, Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, sangat penting memberikan pemahaman tentang peluang dan tantangan yang dihadapi tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN kepada mahasiswa, calon sarjana dan dosen-dosen di lingkungan FIKP.  Untuk itu FIKP mengundang Bapak Ir. Herry Maryuto, MSi dan Ibu Utami Widiasih, SPsi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk memberikan kuliah umum di FIKP pada tanggal 01 Februari 2016.  Kuliah umum dihadiri oleh lebih kurang 100 peserta dari mahasiswa S1, S2 dan S3 serta staf dosen dari kedua jurusan.

Rapat Kerja Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

Makassar 29 Januari 2016 , FIKP Unhas mengadakan rapat kerja tahunan yang dihadiri oleh dosen-dosen dari Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan.Adapun rapat kerja ini bertujuan untuk menginformasikan capaian dari program kerja dekanat tahun 2015 dan menginfomasikan rencana program kerja di tahun 2016.Pada rapat kerja masing-masing wakil dekan mempresentasikan hasil dan capaian dari program kerjanya. Selain itu dua unit di lingkungan FIKP, yaitu Unit Marine Station dan Unit Tambak Pendidikan juga mempresentasikan hasil capaian di tahun 2015 dan rencana program kerja di tahun 2016.
Ada beberapa hal penting yang menjadi sorotan yang disampaikan oleh Dekan untuk bidang akademik, relevansi pengabdian dan kerjasama, internasionalisasi dan bidang kemahasiswa. Untuk bidang akademik, Dekan memberikan perhatian terhadap beberapa hal, diantaranya : implementasi standar dan peningkatan kualitas bahan ajar semua matakuliah, revitalisasi kurikulum FIKP 2014, sertifikasi kompetensi dan tempat uji kompetensi, dan PMDSU. Sedangkan untuk relevansi pengabdian dan kerjasama, hal-hal yang menjadi sorotan diantaranya : tekno park rumput laut di Takalar, kima garden, penguatan konsorsium rumput laut, penguatan program Mitra Bahari dan Pengembangan Kerjasama dengan beberapa lembaga/Pemda. Adapun untuk internasionalisasi FIKP, hal-hal yang menjadi perhatian adalah: pengembangan unit reputasi internasional, optimalisasi kerjasama internasional, internasional research grant, publikasi internasional dosen dan mahasiswa S2 dan S3, internasional student, S3 international by research, visiting lecturer/internasional seminar/workshop, English course dan FIKP on Scopus. Sedangkan untuk bidang kemahasiswaa, hal-hal yang menjadi perhatian adalah: kualitas dan kuantitas intake students, perbaikan atmosfir akademik, peran dosen Matakuliah dan PA, peran dosen dalam pembinaan PKM serta peran alumni.

Pendandatangan MOU antara FIKP dan Universitas Nusa Nipa Kab. Sikka

Penandatanganan MOU antara FIKP dengan Universitas Nusa Nipa Kab. Sikka

Penandatanganan MOU antara FIKP dengan Universitas Nusa Nipa Kab. Sikka

Mahasiswa S3 Program Pasca Sarjana Perikanan melaksanakan studi wisata ke Maumere, Nusa Tenggara Timur tanggal 14 – 18 Januari 2016.  Kegiatan ini diikuti oleh 11 orang mahasiswa S3  dan 11 orang staff dosen.  Kegiatan studi wisata ini dirangkaikan dengan kunjungan kerja ke Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Maumere dan pertemuan dengan Bupati Maumere.  Pada kegiatan ini juga telah ditandatangai Nota Kesepahaman (MOU) antara Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dengan Universitas Nusa Nipa.

Temu Akademisi “ Peran Masyarakat Akuakultur Indonesia (Mai) Dalam Menyiapkan SDM Yang Kompeten Di Bidang Akuakultur Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)”

Temu akademisi dilaksanakan di ruang sidang FIKP Unhas dan dibuka oleh Dekan FIKP Prof.Dr.Ir.Djamaluddin Jompa.

Temu akademisi dilaksanakan di ruang sidang FIKP Unhas dan dibuka oleh Dekan FIKP Prof.Dr.Ir.Djamaluddin Jompa.

Temu akademisi yang difasilitasi oleh Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas telah dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2015, dihadiri oleh civitas academica dari berbagai perguruan tinggi di Sulawesi Selatan dan TIM Scientific Board MAI. Bapak Agung Sudaryono, Ph.D selaku Sekjen MAI memaparkan berbagai kegiatan yang telah dan akan dilakukan MAI dalam kiprahnya memajukan Akuakultur di Indonesia dan mengajak para peserta untuk berpartisipasi aktif bersama MAI. (more…)

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara FIKP dengan Mars Simbioscience

Penandatanganan MOU FIKP dengan MARS

Penandatanganan MOU FIKP dengan MARS

Jumat 6 November 2015 di ruang senat FIKP Unhas diadakan penandatanganan nota kesepahaman antara Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin dengan PT. Mars Simbioscience. Penandatangan MOU ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi pada penelitian ilmiah, memerangi kemiskinan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia sebagai Host segitiga karang.

Syukuran pembangunan gedung baru FIKP Unhas

IMG_20151106_122628Jumat, 6 November 2015 Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin mengadakan acara syukuran pembangunan gedung baru di pelataran FIKP. Acara ini dihadiri oleh rector Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. dan wakil rektor bidang 2 Prof. Dr. Muh. Ali, SE., MS turut hadir pula para dekan dan wakil dekan dari berbagai fakultas di lingkup universitas hasanuddin.

Dekan Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddi  Jompa, M.Sc setelah menyampaikan sambutannya bersama dengan rektor Unhas dan para tamu undangan selanjutnya menuju ke area pembanungan gedung untuk peletakan batu tempat Icon fikp unhas akan dibuat berupa kompas besar dan jangkar.

Webconference Perkuliahan Standardisasi di Universitas Hasanuddin di Makassar

Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN akan menyelenggarakan Webconference Perkuliahan Standardisasi di Universitas Hasanuddin di Makassar pada :

Hari, tanggal : Rabu, 7 Oktober 2015
Pukul: 10.00 WITA s.d. selesai
Mata Kuliah : Bioteknologi Perikanan (Genetika Ikan)
Pembicara: Dr. Asmi Citra Malina
Profile:
1. Doktor bioteknologi kelautan lulusan Kagoshima University, Jepang, itu meneliti DNA sintetik yang menyerupai DNA bakteri pada sistem pertahanan tubuh ikan yang dapat mencegah perluasan penyakit yang ditimbulkan serangan bakteri Vibrio parahaemolyticus dan virus Viral Nervous Necrosis.
2. L’Oréal Indonesia Fellowships for Women in Science (2008) untuk riset “Analisis Penggunaan DNA Sintetik (CpG ODN) dalam Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Ikan Kerapu Macan (Epinephelus Fuscoguttatus Forsskal)
Peserta :+ 50 mahasiswa/i Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan (http://fikp.unhas.ac.id/)

Webconference dapat diikuti dengan cara sebagai berikut:
1. kunjungi (atau klik) https://iso-meetings.webex.com
2. masukkan meeting number 952 141 131 atau dapat langsung mengakses link berikut: https://iso-meetings.webex.com/meet/mayastriabsn.go.id
3. masukan nama dan email
4. klik join

5. klik audio connection pilih using internet/computer connection
 
Persyaratan PC/Komputer: koneksi internet, speaker, dan microphone (mic. optional)

Webconference juga dapat diikuti melalui gadget (smartphones, tablet, ipad, iphone, windows phone) dengan cara sebagai berikut:
1. install aplikasi webex di playstore, appstore, windows app market;

2. pilih join meeting
3. masukkan number meeting 952 141 131
4. klik join
5. klik gambar mic (sebelah kiri bawah) dan pilih using internet connection
Untuk Lebih Jelasnya silahkan Unduh Power Point di bawah ini
>>>>>>>>>>>cara_join_webex<<<<<<<<<<<<<<

Jalan Santai dalam rangka Dies Natalis Unhas ke 59, tanggal 6 September 2015

_DSC0309Sivitas akademika FIKP Unhas mengikuti jalan santai dalam rangka Dies Natalis Unhas ke 60 pada tanggal 6 September 2015. Dies Natalis Unhas ke-60 ini bertema Penguatan Kemitraan Berbasis IPTEK Inovatif untuk Kemaslahatan Benua Maritim Indonesia. Kegiatan Jalan Santai diikuti oleh seluruh fakultas lebih dari 1500 orang. Kegiatan Dies Natalis tahun ini dimeriahkan oleh pameran alustista dan atraksi helicopter oleh pasukan dari Kodam VII Wirabuana. Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Syahrul Yasin Limpo turun serta mengikuti kegiatan jalan santai.

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan © 2015 Frontier Theme