Berita Terkini
  • Rapat Koordinasi Bulanan Unhas, 24 September 2014

    Rektor beserta seluruh Dekan dan Pimpinan Lembaga Universitas Hasanuddin mengadakan rapat koordinasi bulanan di Ruang Sidang FIKP Unhas pada hari Kamis, 24 September 2014. Rapat koordinasi bulanan Unhas ini

  • Visitasi Program Studi Ilmu Kelautan dan Management Sumberdaya Perikanan Oleh BAN-PT

    Selama 3 hari pada tanggal pada tanggal 15 – 17 September 2014, program studi Ilmu Kelautan dan program studi Managemen Sumberdaya Perairan menjalani visitasi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT . Bertindak sebagai assesor adalah Prof.Dr.Ir. Daniel Djokosetiyanto dari Institut Pertanian Bogor dan Dr. Ir. Rahmad Sofyan Patadjai MS dari UNHALU Kendari

  • Kegiatan Dies Natalis Unhas ke-58

    Civitas akademika FIKP Unhas mengikuti salah satu kegiatan Dies Natalis Unhas yang ke-58, yaitu gerak jalan santai pada hari Minggu, 07 September 2014. Lebih dari 75 orang staf dosen dan staf administrasi FIKP mengikuti kegiatan ini.

  • Pembukaan P2MB Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas

    Kegiatan P2MB yang diadakan di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas yang belangsung mulai tanggal 19 sampai dengan 22 Agustus 2014

  • Rapat Kerja FIKP, Tambak Pendidikan Desa Bojo, Kec. Mallusetasi, Kab. Barru, Sulawesi Selatan.

    Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan telah melaksanakan Rapat Kerja pada tanggal 15 – 16 Agustus 2014 di Tambak Pendidikan Desa Bojo, Kecamatan Mallusetasi, Barru yang diikuti oleh kurang lebih 100 orang staf dosen

  • Scientific Writing Workshop: Marine Conservation and Fisheries Science

    Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (FIKP Unhas) telah melaksanakan Scientific Writing Workshop: Marine Conservation and Fisheries Science mulai tanggal 07 - 11 juli 2014 bertempat di Postgrad Room 2nd Floor, Faculty of Marine Science and Fisheries, Hasanuddin University, Makassar

  • Pelatihan Penyegaran ISO 9001 : 2008

    Pelatihan Penyegaran ISO 9001 :2008 yang diselenggarakan pada hari Kamis (15/5) 2014 pukul 09.30 s/d 15. 30 W.I.T.A di Hotel Aswin INN Panakukang Makassar, tersebut dihadiri oleh Pegawai dan Pejabat Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin dan dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas FIKP Prof Dr Ir Jamaluddin, MSc.

  • PELANTIKAN DEMA & SENATOR FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN UNHAS

    Berdasarkan SK rektor 18792/UN4.3/UM.13/2012 tanggal 26 Nov 2012 tentang bentuk, kedudukan, fungsi dan tanggung jawab ORMAWA (Organisasi mahasiswa) Unhas yang berdasarkan pada Pedoman Pola Pengembangan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) serta UUD Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. dijelaskan bahwa organisasi kemahasiswaan, di tingkat fakultas (BEM atau Senat) hanya boleh satu organisasi. Demikian pula di tingkat jurusan. Dan secara berjenjang penanggungjawab masing masing tingkatan organisasi kemahsiswaan adalah ketua jurusan di tingkat jurusan, dekan di tingkat fakultas dan rektor di tingkat universitas ucap Prof.Dr. Amran Saru, ST, M.Si dalam pidatonya pada tanggal 05 Mei 2014

  • Kuliah Umum Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pangkalan

    Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pangkalan, Syahrin Abdurahman, SE, dalam Kuliah Umum yang Berlangsung di Ruang Sidang Lantai II Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin.(25/3/2014)

  • Kunjungan Presiden SBY di Tambak Milik Unhas

    Presiden SBY dan Ibu Ani meninjau Tambak Pendidikan Hasanuddin di Desa Bojo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/2) siang. Tambak milik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini untuk penelitian dan pengembangan budidaya pangan laut, seperti kepiting, udang, rajungan, bandeng, dan ikan nila laut.

  • BEM Perikanan dan Kelautan Unhas Bersatu

    Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan mendaklarasikan Pembentukan Lembaga Kemahasiswaan yang merupakan penyatuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kelautan dan Perikanan, Rabu (18/12/2013) di Ruang Sidang FIKP Unhas. Acara tersebut dihadiri Dekan FIKP Prof Jamaluddin Jompa PhD serta mahasiswa FIKP. Koordinator Deklarator, Irfan S menyampaikan inisiasi pembentukam lembaga mahasiswa tingkat fakultas telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, karena perbedaan pendapat dan sifat egoisme kelompok di FIKP membuat rencana tersebut sempat mengalami kendala.

  • Pelantikan Dekan

    Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr dr Idrus A Paturusi melantik dua dekan baru yakni Dekan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Rabu (2/10/2013) di Gedung Rektorat Unhas. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dipimpin Prof Dr Ir Jamaluddin, MSc menggantikan Prof Dr Andi Niartiningsih.

Recent Posts

Lokakarya Pembuatan Grand Design Pengembangan SMK 1 Labakaang, 28 – 29 September 2014

CIMG0241Menindaklanjuti nota kesepahaman antara Universitas Hasanuddin dan Kabupaten Pangkep, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas mengadakan lokakarya Pembuatan Grand Design Pengembangan SMK 1 Labakkang  pada tanggal 28 – 29 September 2014 di Hotel Arbor Biz yang diketuai oleh Dr. Asmi Citra Malina, M.Agr.  Lokakarya dihadiri oleh Guru-guru SMK 1 Labakkang, pengusaha dan praktisi bidang perikanan dan kelautan serta beberapa dosen dari beberapa perguruan tinggi terkemuka, seperti Unhas, Unismuh, UMI, Universitas 45 dan Politeknik Pertanian Pangkep. Lokakarya ini dibuka dan ditutup secara resmi oleh Dekan FIKP Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, MSc.

Rapat Koordinasi Bulanan Unhas, 24 September 2014

_DSC0373Rektor beserta seluruh Dekan dan Pimpinan Lembaga Universitas Hasanuddin mengadakan rapat koordinasi bulanan di Ruang Sidang FIKP Unhas pada hari Kamis, 24 September 2014.  Rapat koordinasi bulanan Unhas ini diselenggarakan di Ruang Sidang FIKP yang baru selesai direnovasi.  Renovasi Ruang Sidang FIKP terlaksana berkat usaha yang keras dari pihak Dekanat untuk mendapatkan bantuan dari pihak rektorat serta berkat perhatian yang besar dari Rektor baru (Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) terhadap FIKP, sehingga  sekarang FIKP memiliki ruang sidang yang indah dan megah.

Semenjak FIKP berdiri tahun 1996, baru pertama kalinya menjadi tuan rumah untuk rapat koordinasi bulanan universitas, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika fakultas.  Semoga dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, MSc dkk, FIKP semakin maju dan berjaya.

Tamu dari Rhode Island University (23 September 2014)

CIMG0202Pada hari Selasa, 23 September 2014 FIKP Unhas kedatangan tamu dari Rhode Island University. Tim dari Rhode Island University terdiri dari Prof John D. Kirby, beliau adalah Dekan dan Direktur Rhode Island Agricultural Experiment Station, Cooperation Extension Center for Biotechnology and Life Science dan Prof Graham Forrester dari Department of Natural Resources Science of Rhode Island University.  Kedua tamu dari Rhode Island University ini didampingi oleh Brook Williams Rose Direktur Manajemen perusahaan Indonesia Education Parthnership, PT. Nathaniel Mulia Persada.  Tujuan kunjungan tim dari  Rhode Island University untuk menjajaki kerjasama dengan FIKP Unhas.  Dekan FIKP Unhas, menyambut baik keingianan kerjasama dari Rhode Island University.  Dekan FIKP Unhas juga memberikan penjelasan tentang besarnya potensi sumber daya kelautan dan perikanan di wilayah Sulawesi Selatan serta ditunjang dengan tingginya kualitas peneliti dan dosen di FIKP khususnya dibidang kelautan, sehingga akan membuka peluang kerjasama penelitian yang cukup besar dengan Rhode Island University.  Hasil kunjungan tim dari Rhode Island University ini akan ditindak lanjuti secara formal dengan pembuatan dan penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Hasanuddin dan The University of Rhode Island.

Kunjungan Prof. Lrong Lim dari Universitas Kagawa, Jepang

CIMG0195 CIMG0191

Prof. Lrong Lim dari  International Office, Universitas Kagawa, Jepang melakukan kunjungan ke Marine Station pada hari Minggu, 22 September 2014.  Adapun tujuan dari kunjungan Prof. Lrong Lim adalah untuk melihat fasilitas-fasilitas di Marine Station guna menjajaki kerjasama  khususnya pertukaran mahasiswa antara Universitas Hasanuddin dan Universitas Kagawa.  Pada kunjungan ini, Ketua Marine Station, Dr. Syafiuddin menunjukkan dan menjelaskan tentang fasilitas-fasilitas yang ada di Marine Station.  Prof. Lrong sangat tertarik melihat fasilitas yang ada di Marine Station dan merasa puas atas kunjungan yang dilakukan.  Direncanakan tahun depan Prof. Lrong akan mulai mengirimkan mahasiswanya ke Marine Station untuk praktek lapang dan short course.

Kunjungan Singkat Bupati Pangkajene dan Kepulauan (19 September 2014)

DSC01103Pada hari Kamis, 19 September 2014, Bupati Pangkajene dan Kepulauan, Bapak H. Syamsuddin A, SE didampingi oleh Kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan kunjungan singkat ke FIKP Unhas.  Kedatangan Bapak Bupati dan kedua Kepala Dinasnya diterima oleh Dekan FIKP Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, Wakil Dekan III, Prof. Dr. Ir. Amran Saru, MSi dan beberapa staff dosen FIKP.  Tujuan kunjungan Bupati Pangkep ke FIKP Unhas adalah untuk menindak lanjuti nota kesepahaman/MOU antara Kabupaten Pangkep dan Unhas yang telah ditanda tangani oleh Rektor Unhas.