Berita Terkini
  • Scientific Writing Workshop: Marine Conservation and Fisheries Science

    Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin (FIKP Unhas) telah melaksanakan Scientific Writing Workshop: Marine Conservation and Fisheries Science mulai tanggal 07 - 11 juli 2014 bertempat di Postgrad Room 2nd Floor, Faculty of Marine Science and Fisheries, Hasanuddin University, Makassar

  • Pelatihan Penyegaran ISO 9001 : 2008

    Pelatihan Penyegaran ISO 9001 :2008 yang diselenggarakan pada hari Kamis (15/5) 2014 pukul 09.30 s/d 15. 30 W.I.T.A di Hotel Aswin INN Panakukang Makassar, tersebut dihadiri oleh Pegawai dan Pejabat Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin dan dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas FIKP Prof Dr Ir Jamaluddin, MSc.

  • PELANTIKAN DEMA & SENATOR FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN UNHAS

    Berdasarkan SK rektor 18792/UN4.3/UM.13/2012 tanggal 26 Nov 2012 tentang bentuk, kedudukan, fungsi dan tanggung jawab ORMAWA (Organisasi mahasiswa) Unhas yang berdasarkan pada Pedoman Pola Pengembangan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) serta UUD Nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. dijelaskan bahwa organisasi kemahasiswaan, di tingkat fakultas (BEM atau Senat) hanya boleh satu organisasi. Demikian pula di tingkat jurusan. Dan secara berjenjang penanggungjawab masing masing tingkatan organisasi kemahsiswaan adalah ketua jurusan di tingkat jurusan, dekan di tingkat fakultas dan rektor di tingkat universitas ucap Prof.Dr. Amran Saru, ST, M.Si dalam pidatonya pada tanggal 05 Mei 2014

  • Kuliah Umum Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pangkalan

    Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pangkalan, Syahrin Abdurahman, SE, dalam Kuliah Umum yang Berlangsung di Ruang Sidang Lantai II Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin.(25/3/2014)

  • Kunjungan Presiden SBY di Tambak Milik Unhas

    Presiden SBY dan Ibu Ani meninjau Tambak Pendidikan Hasanuddin di Desa Bojo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/2) siang. Tambak milik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini untuk penelitian dan pengembangan budidaya pangan laut, seperti kepiting, udang, rajungan, bandeng, dan ikan nila laut.

  • BEM Perikanan dan Kelautan Unhas Bersatu

    Mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan mendaklarasikan Pembentukan Lembaga Kemahasiswaan yang merupakan penyatuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kelautan dan Perikanan, Rabu (18/12/2013) di Ruang Sidang FIKP Unhas. Acara tersebut dihadiri Dekan FIKP Prof Jamaluddin Jompa PhD serta mahasiswa FIKP. Koordinator Deklarator, Irfan S menyampaikan inisiasi pembentukam lembaga mahasiswa tingkat fakultas telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Namun, karena perbedaan pendapat dan sifat egoisme kelompok di FIKP membuat rencana tersebut sempat mengalami kendala.

  • Pelantikan Dekan

    Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr dr Idrus A Paturusi melantik dua dekan baru yakni Dekan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Rabu (2/10/2013) di Gedung Rektorat Unhas. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan dipimpin Prof Dr Ir Jamaluddin, MSc menggantikan Prof Dr Andi Niartiningsih.

Recent Posts

INFO Rapat Kerja Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan UNHAS

Spanduk Ucapan Selamat Datang UnhasSpanduk Raker Unhas

Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin akan melakukan rapat kerja pada  tanggal 15 – 16 agustus 2014 di Tambak Pendidikan, Unhas Desa Bojo Kecamatan Mallusetase Kabupaten Barru yang akan diikuti lebih dari 100 orang dosen FIKP. Menurut ketua panitia Raker (Dr. Hilal Anshary), tujuan rapat kerja ini adalah memantapkan rencana operasional 2014/2015 dan mengembangkan rencana strategis untuk peiode 4 tahun. Adapun output dari rapat kerja ini adalah dokumen rencana operasional dan rencana strateis yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Unhas untuk periode 2014-2018

Silahkan Klik Tulisan dibawah ini untuk mengetahui nama-nama panitia Rapat Kerja :

>>>Panitia Rapat Kerja FIKP Unhas 2014<<<

Pelepasan Kuliah Kerja Nyata Internasional(Jepang) FIKP_UNHAS

DSC00871 DSC00900 DSC00881

Halal Bil Halal Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin

DSC00781Dalam suasana Idul Fitri 1435 H/2014 M, keluarga besar Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan  Universitas Hasanuddin gelar Halal Bi Halal. Bertempat di Pelataran Jurusan Perikan FIKP Unhas, Selasa (5/8). Turut hadir dalam Halal Bi Halal ini  seluruh fungsionaris FIKP dari Dekan, pembantu Dekan 1, pembantu Dekan 2, pembantu Dekan 3, anggota senat FIKP , darma wanita persatuan FIKP, ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua program studi, UKM mahasiswa dan pegawai.. Dalam hikmah halal Bi Halal disampaikan bahwa apapun kapasitas kita, kita tetap membutuhkan orang lain. Maka tidak ada alasan bagi kita untuk menunda untuk mempererat silaturahmi. Secara pribadi, Prof.Dr.Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. selaku Dekan FIKP Unhas memohon maaf kepada seluruh civitas akademika baik yang menyempatkan hadir maupun belum sempat hadir. Di tengah-tengah sambutannya,Dekan FIKP Unhas mengajak seluruh hadirin untuk bersama-sama membangun fakultas ilmu kelautan dan perikanan ini agar lebih baik ke depanya. “Kita bersyukur, masih bisa hadir di dalam gedung ini dalam suasana Idul Fitri yang masih terasa.” Dalam sambutannya juga Prof.Dr.Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. menyempatkan untuk menyampaikan target pencapaian kedepan oleh FIKP Unhas.”Saat ini, kita sementara terus berusaha untuk terus bekerja mendukung kinerja perbaikan akademik di FIKP Unhas, perbaikan sarana dan prasarana di FIKP Unhas dan lain-lainl karena kita bekerja dengan berbagi ilmu. Dan ini insya allah bernilai ibadah.”

PENGEMBANGAN KEBUN BIBIT RUMPUT LAUT DENGAN SISTEM KULTUR JARINGAN DI DESA PUNAGA KECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

 

IMG_4637 IMG_4651 IMG_4657
 IMG_8379  IMG_8434  IMG_8629
IMG_8663 IMG_8821

Salah satu kegiatan pada Program Pengembangan Kapasitas Program Studi (KPKPS), PS Budidaya Perairan dengan sumber Dana BOPTN tahun Anggaran 2014 adalah Penghiliran Hasil Penelitian untuk Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat.  Hal ini merupakan upaya pengalihan hasil penelitian yang berupa data menjadi produk terapan yang siap dimanfaatkan oleh masyarakat.   Beberapa hasil penelitian dosen PS. BDP berupa produk terapan telah siap untuk diaplikasikan ke masyarakat, salah satunya adalah metode pembibitan rumput laut dengan sistem kultur jaringan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Malelaya, Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar yang merupakan desa binaan PS. Budidaya Perairan untuk komoditi rumput laut sejak tahun 2010 sampai sekarang.  Adapun kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan tentang metode budidaya rumput laut, pembibitan rumput laut dengan metode kultur jaringan, demplot penangkaran bibit dan pelatihan pembibitan dengan metode pengkayaan nutrient.

 

 

Acara Buka Puasa Bersama Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan

20140708_120226Fakultas Ilmu kelautan dan perikanan Universitas Hasanuddin mengadakan kegiatan Buka Puasa Bersama dan makan malam bersama seluruh civitas akademika FIKP, yang dihadiri oleh seluruh fungsionaris FIKP dari Dekan, pembantu Dekan 1, pembantu Dekan 2, pembantu Dekan 3, anggota senat FIKP , darma wanita persatuan FIKP, ketua jurusan, sekretaris jurusan, ketua program studi, UKM mahasiswa dan pegawai. Kegiatan buka puasa bersama dilaksanakan di gedung Pelataran Jurusan Perikanan pada Rabu, 09 Juli 2014 yang juga bertepatan pada puasa ramadhan ke-8 Tahun 1435 H.   Dekan Fakultas Ilmu kelautan dan perikanan dalam sambutannya mengatakan bahwa acara buka puasa bersama ini kita laksanakan setiap tahunnya secara rutin, seperti sebuah kewajiban bagi kita semua. Semoga acara buka puasa ramadhan kami ini akan membawa keberkahan buat kita Fakultas Ilmu kelautan dan perikanan secara institusi. Kegiatan buka puasa bersama yang dilaksanakan setiap tahunnya sesungguhnya bertujuan untuk mempererat persaudaraan, kebersamaan dan kesatuan kita seluruh civitas akademika FIKP agar bersama bahu membahu membawa fakultas tercinta ini menjadi lebih baik dari apa yang telah kita raih saat ini. Saya sangat yakin jika seluruh civitas akademika kuat persaudaraan, kebersamaan, dan bersatu, apapun yang kita cita-citakan bersama pasti akan mudah kita raih untuk FIKP yang lebih baik. Mari kita jadikan ibadah puasa ramadhan 1435 H ini menjadi momentum perbaikan diri untuk selalu meningkatkan kinerja dan prestasi kita masing-masing sehingga berdampak positif bagi kemajuan FIKP yang kita dambakan bersama.